Artikel Kesehatan

Beranda — Detail Artikel

Layanan Resep Online Menjadi Program Prioritas Nasional Dalam Pelayanan Kesehatan Di Inggris

Ada kabar baik dan inovatif di ranah pelayanan kesehatan di Inggris. Kabarnya, layanan resep online sedang diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Keputusan ini diambil setelah keseriusan berbagai pihak dalam menjalankan pilot project terdahulu. Artinya, pasien rawat jalan dan cedera ringan dimungkinkan untuk mendapatkan resep obatnya lewat resep elektronik yang dikirimkan oleh dokter kepada farmasi.

Untuk tahap awal, layanan akan tersedia pada klinik-klinik yang telah menjalankan sistem informasi manajemen pasien dari Advanced Adastra. Walau demikian, penggunaan sistem resep elektronis belum menjadi kewajiban. Namun, pemerintah Inggris berharap agar penyedia layanan kesehatan mengambil inisiatif ini sebagai langkah konkret dalam target paperless agenda.

Seorang Kepala Klinis Senior di NHS (National Healhcare Service), dr. Vishen Ramkisson, mengatakan, “Mengurangi tekanan standar pelayanan pasien telah melahirkan awal baru untuk sebuah perubahan yang menghasilkan inovasi digital yang ‘naik kelas’. Inovasi ini tidak hanya menguntungkan pasien, namun juga fasilitas kesehatan, dan apotek lokal. Hal ini adalah sebuah langkah signifikan dalam memperluas benefit peresepan digital. Secara umum, inovasi ini mendukung sistem pelayanan yang lebih baik, lebih cepat, lebih efisien bagi pasien, dokter, dan apoteker.”

Pada implementasi tahap awal, program ini melingkupi East Midlands dan London sejak Desember 2017 melibatkan 73 dokter dan 257 apotek. Ketika dokter merawat seorang pasien, dokter dapat melihat di apotek mana saja obat tersedia dan yang paling dekat dengan jangkauan pasien. Kemudian pasien dapat langsung mengambil obat yang diresepkan pada apotek yang ditunjuk sesegera mungkin. Pasien pun dapat mengakses layanan ini untuk obat yang masuk kualifikasi non-resep dokter.

Selain meringkas proses peresepan obat bagi tenaga kesehatan, pasien dengan kebutuhan obat terus menerus dengan dosis yang sama juga dapat memesan obat yang sama berdasarkan approval dokter sehingga menghemat waktu pasien untuk mengantre berkonsultasi di rumah sakit.

 

#smarthealth #sistemrumahsakit #simrs #sistemklinik #sistemapotek #resepelektronik #eprescription #eresep

 

(Disarikan dari tulisan Owen Hughes, “Electronic Prescription Service to be Pushed Out Nationally Accross Urgent Care”, diposkan pada 4 April 2018 di https://www.digitalhealth.net/2018/04/electronic-prescription-service-rolled-out-nationally/)